Staffing (penyusunan personalia) yaitu penyusunan
personalia sejak dari penarikan tenaga kerja baru, latihan dan pengembangan
sampai dengan usaha agar setiap petugas memberi daya guna maksimal pada
organisasi. Organisasi dinamis merupakan suatu kegiatan yang
berhubungan dengan usaha merencanakan skema organisasi, mengadakan
departemenisasi, menetapkan wewenang, tugas, dan tanggung jawab dari
orang-orang di dalam suatu organisasi.Organisasi statis adalah gambaran secara
skematis tentang hubungan kerjasama antara orang-orang yang terdapat dalam
suatu usaha untuk mencapai sesuatu tujuan.
Dari definisi diatas, dapat sangat jelas diketahui
perbedaan yang sangat mendasar pada keduanya. Sifat dinamis yang mencerminkan
begitu terstrukturnya rancangan suatu pada suatu organisasi, sedangkan statis
bersifat lebih ringkas dan praktis.Namun, dari setiap perbedaan yang ada
semuanya itu memiliki suatu titik tujuan yang sama yang memang melatarbelakangi
suatu tujuan bersama dalam organisasi yang dibentuk.
Dari
pt selamat sempurna.Tbk yaitu salah satu perusahaan
manufaktur ini memiliki sistem organisasi secara dinamis, mengapa? Hal ini
dikarenakan struktur organisasi pada perusahaan ini yang sangat kompleks, dan
dapat dilihat juga dengan adanya tingkat manajemen puncak, menengah hingga
lini. Dimana juga terdapat auditor yang memiliki peran penting terhadap
penilaian kontribusi perusahaan tersebut.
Selain itu juga diperoleh analisa lebih lanjut bahwa
organisasi yang terdapat pada perusahaan ini menggabungkan antara
Organisasi klasik dengan Neo Klasik, sehingga dapat dikatakan memiliki acuan
pada Organisasi Modern, yaitu semua unsur organisasi (dalam hal ini beberapa
divisi) adalah saling bergantung satu sama lain dan membentuk satu kesatuan.
Sedangkan jika ditelaah lebih lanjut pada struktur
organisasi perusahaan ini, maka macam/jenis organisasi pada perusahaan ini
yaitu organisasi niaga dan organisasi internasional. Mengapa demikian? Karena
seperti yang diungkapkan pada penjelasan singkat mengenai perusahaan tersebut
sebelumnya, perusahaan ini merupakan perusahaan manufaktur, dimana ada barang
yang dijual untung memperoleh keuntungan bagi perusahaan dan pihak yang
terlibat didalamnya. Selain itu, dikatakan organisasi internasional karena
perusahaan ini meliputi kerja sama dengan perusahaan lainnya yang berasal dari
luar negeri, seperti Daewoo International Corporation dan Tokyo Radiator MFG.
Co., Ltd.
Strategi Perusahaan IKEA
Aktivitas
perusahaan ada dua
a. Aktivitas utama
meliputi kegiatan logistik, pabrikasi/operasional, pemasaran dan penjualan dan pelayanan
pelanggan.
b. Aktivitas
pendukung meliputi infrastruktur perusahaan, manajemen sumber daya manusia,
pengembangan teknologi.
Manajer
harus dapat meneliti kebudayaan, situasi politik dan kenegaraan, serta
lingkungan ekonomi.
Dalam mendirikan suatu perusahaan perlu
dilakukan suatu perencanaan & strategi kemudian dibuat SWOT nya.
Mengidentifikasikan tujuan dan misi perusahaan. Pada tingkat bisnis ada 3
strategi yang dilakukan : low cost, differentiation, dan focus strategi.
Proses
mengidentifikasi dan memilih sasaran serta memutuskan yang terbaik bagi
organisasi dan bagaimana organisasi akan mampu mencapai sasaran itu, ini
disebut dengan perencanaan. Sedangkan, strategi adalah kesatuan tindakan yang
direncanakan dan diambil oleh manajer untuk membantu perusahaan menemukan
sasarannya.
Ada 2 langkah
analisa dan identifikasi pada proses perumusan strategi:
a. Mengidentifikasi
tujuan dan misi perusahaan , misi adalah pernyataan yang ditulis tentang
mengapa suatu perusahaan ada dan apa yang mereka rencanakan untuk memenuhi
tujuan itu.
b.
Mengidentifikasi
kemampuan inti perusahaan dan nilai tambah yang akan mereka lakukan untuk
menciptakan aktivitas.
Kemampuan inti adalah kemampuan khusus dari perusahaan
yang sulit ditemukan pesaing dan sulit ditiru oleh pesaing.
Strategi
Perusahaan IKEA
1.
Produk
Produk IKEA
dikenal dengan rancangannya yang modern dan kadang terbilang aneh. Salah satu
prinsip IKEA adalah mengurangi harga dengan berbagai cara tanpa mengurangi
kualitas.
2. Toko
Toko
IKEA kebanyakan berbentuk balok biru yang besar dengan jendela yang minim.
Penataannya pun biasanya diatur sedemikian rupa agar pengunjung datang dan
masuk ke bagian ruang pamer untuk melihat berbagai produk, kemudian ke
market-hall tempat barang-barang kecil, lalu ke gudang untuk mengambil perabot
yang akan dibeli dan akhirnya tiba di kasir. Jalur yang dibuat mengarahkan
pengunjung untuk melewati seluruh toko dan tersedia pula berbagai jalan pintas
yang agak kecil.
Biasanya, toko
terdiri dari dua lantai dengan ruang pamer (show room) dan market-hall di atas
dan gudang di bawah. Selain itu di IKEA store sendiri terdapat pula restoran
yang menjual makanan Swedia termasuk Bakso Swedia yang khas.
3.
Mengubah Markas
Sampai
September 2001, perusahaan ini berkantor pusat di Denmark tetapi karena masalah
seperti koneksi penerbangan miskin, keputusan dibuat untuk pindah Grup
manajemen, keuangan dan departemen treasury ke Leiden di Belanda dan seluruh
departemen kantor pusat ke Swedia.
Pindah ke Belanda dibenarkan sebagai perusahaan induk Ikea itu sudah
memiliki kantor terdaftar di Belanda karena kebijakan pemerintah yang
menguntungkan yang menguntungkan perusahaan atas dan di atas negara lain di
Eropa, dan Swedia adalah dimana perusahaan berasal. Swedia juga memainkan peran penting dalam
strategi pemasaran Ikea itu. Strategi
Ikea telah membangun reputasinya melalui di-rumah desain furnitur murah, dan
sudah termasuk pembentukan operasi distribusi dan manufaktur untuk melengkapi
bisnis ritel. Pergeseran strategi
perusahaan telah, untuk sebagian besar, terbukti sangat sukses dan
menguntungkan, dan telah memungkinkan perusahaan untuk lebih menyelaraskan diri
pada isu-isu di pasar utama di daratan Eropa dan Skandinavia.
4. Harga
rendah
harga
rendah tidak menarik kecuali itu merupakan nilai terbaik untuk uang. Di sinilah
IKEA mampu membuat perbedaan nyata. IKEA berkomitmen untuk memiliki hubungan
baik dengan pemasok dan dapat membeli quaility baik, desain ekonomis diproduksi
yang dibeli dalam jumlah besar untuk menjaga harga turun. Dengan demikian hal
ini dapat mengurangi biaya transportasi dan perakitan.
5 fungsi
Produk
IKEA didasarkan pada pendekatan fungsional untuk desain. IKEA desain berarti
produk yang menarik, praktis dan mudah digunakan. Mereka tidak memiliki fitur
yang tidak perlu, mereka memberikan solusi asli untuk kebutuhan home furnishing
khusus dan terbuat dari bahan yang paling cocok untuk tujuan mereka.
6
kualitas yang tepat
Kualitas
produk harus sesuai untuk penggunaan yang dimaksudkan. Misalnya tidak ada
kebutuhan untuk panel belakang mahal di rak buku jika alternatif yang lebih
murah melakukan pekerjaan yang baik yang selama rak buku digunakan untuk tujuan
itu dimaksudkan untuk. Produk IKEA dikenakan tes ketat untuk memastikan bahwa
mereka memenuhi standar keselamatan nasional dan internasional.
7
nyaman belanja
Toko
IKEA menawarkan "segala sesuatu di bawah satu atap", sebagian besar
tersedia untuk segera dibawa pulang. IKEA menawarkan layanan di mana Anda
membutuhkannya, tetapi memungkinkan pelanggan untuk membuat sebagian besar
keputusan sendiri. Ini berarti bahwa kita harus membuatnya mudah untuk memilih
produk yang tepat dengan menampilkan mereka dengan benar, menggambarkan mereka
secara akurat dan memiliki kebijakan pengembalian sederhana.
8 hari
keluar untuk seluruh keluarga
IKEA
tujuan untuk menjaga pelanggan kami dengan perencanaan untuk kebutuhan mereka.
Kita tidak hanya memberikan inspirasi dan ide, tapi kami juga mendorong orang
untuk menyentuh, merasakan dan menggunakan produk yang dipamerkan untuk melihat
bagaimana mereka akan masuk ke dalam rumah mereka sendiri. Kami memiliki produk
baru tiba sepanjang waktu, tema musiman, area bermain untuk anak-anak, acara
khusus dan restoran nilai besar keluarga.
9 Swedia
IKEA
IKEA
kunci pesan semua memiliki akar dalam asal Swedia IKEA. Furnitur Swedia ringan
dan segar namun bersahaja. Gaya Swedia menyambut hangat telah menjadi model
kesederhanaan, kepraktisan, dan informalitas yang sekarang terkenal dunia.
10. merek
penelitian
Untuk
tetap di garis depan perubahan pasar kita perlu penelitian sebanyak pada
pelanggan, sektor home furnishing dan pesaing kami, mungkin. Berbagai bidang riset pasar, laporan dan
statistik internal dan eksternal dipertimbangkan ketika merencanakan setiap
komunikasi atau kampanye pemasaran.
11. Inggris departemen pemasaran
IKEA
iklan di Inggris ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran akan merek IKEA
dan mengarahkan lalu lintas ke toko.
Beberapa orang menyukai gaya kami yang unik dari iklan ritel, beberapa
membencinya, tapi semua orang yang melihat iklan kami memiliki pendapat yang
kuat dan kemudian itu menimbulkan percakapan dan perdebatan. Meskipun memiliki beberapa kampanye televisi
yang paling controvertial iklan di Inggris, kami telah meningkatkan kesadaran
merek kami, biarkan orang tahu kita beda dengan perusahaan home furnishing
lainnya dan penjualan yang paling penting meningkat. Departemen periklanan mencakup semua aspek
dari iklan dan komunikasi merek dari iklan televisi dan sponsor untuk promosi
majalah dan radio. Iklan digunakan untuk
mendukung berbagai bidang usaha termasuk kesadaran merek, tema toko, tetes
katalog dan pembukaan toko.
12 ruang
majalah
Ini adalah majalah IKEA Eropa yang
tersedia di semua toko di Eropa. Hal ini
juga dikirimkan kepada 150.000 Depan pemegang Kartu IKEA di Inggris. Ini berisi fitur gaya hidup pada pelanggan
IKEA dan bagaimana mereka hidup, berita produk, dan tips dan ide untuk
rumah. Demikian pula untuk katalog, ini
diproduksi terpusat, tetapi setiap negara memiliki kontrol dari jumlah halaman
untuk berkomunikasi negara mereka pesan tertentu.
13 IKEA
Pelayanan Makanan
Restoran
IKEA yang penting dalam menyediakan pelanggan kami tempat untuk makan dan
bersantai sambil berbelanja. Ada 3
konsep yang berbeda menawarkan makanan di IKEA toko di Inggris saat ini. Restoran utama melayani makanan berdasarkan
warisan Swedia kami, dengan hidangan tradisional seperti Gravadlax dan bakso
dengan nikmat Lingonberry. Ada juga
daerah bistro yang menjual makanan ringan lokal seperti; hot dog di Inggris,
baguette di Perancis, dan pizza di Italia. IKEA Swedia pasar pangan juga di
setiap toko dan mendorong pelanggan untuk membawa pulang rasa Swedia. Beragam makanan tradisional Swedia membantu
pelanggan memahami asal Swedia kami dan juga hidup sampai janji harga murah
kami.
14
Internet
IKEA.com
adalah situs global di mana Anda memiliki gambaran tentang IKEA sebagai sebuah
perusahaan. Dari situs global adalah
mungkin untuk mengakses semua situs lokal.
Salah satu tugas utama dari internet adalah untuk menampilkan informasi
produk dan ketersediaan yang diperbarui terus-menerus. Latar belakang informasi tentang perusahaan
dan menyimpan informasi juga penting.
Setiap toko juga memiliki ruang mereka sendiri dengan rincian kontak dan
arah, peristiwa, penawaran khusus dan informasi lokal.
15
komunikasi dan desain interior
Com-in
adalah "unik" sumber daya yang bekerja secara aktif untuk mengamankan
keunggulan kompetitif kami melalui pengembangan konsep IKEA ritel dan toko
sebagai media. Semua Com-spesialis yang
baik dari latar belakang desain interior atau visual merchandising, dan
bertanggung jawab untuk presentasi atau produk kami menawarkan menggunakan
semua media presentasi kisaran saat ini dan teknik. Komite, di departemen memberikan inspirasi toko
dan vitalitas dan bekerja sama dengan penjualan toko dan tim logictics untuk
memastikan pelanggan kami selalu melihat sesuatu yang baru dan menarik, dan
ingin kembali lagi dan lagi.
16
hubungan masyarakat
Perhatian utama dari fungsi ini
adalah untuk melindungi identitas IKEA perusahaan tetapi juga untuk
berkomunikasi visi, ide bisnis, nilai merek, konsep dan merek dagang. Dengan menginformasikan wartawan berita dan informasi
dalam IKEA melalui siaran pers, informasi website, distribusi katalog dan
peluncuran produk, kami dapat berkomunikasi dengan khalayak yang besar melalui
pembaca mereka.
17.
strategi pemasaran
Sukses Ikea didasarkan pada strategi pemasaran
utama yang tetap sama di seluruh dunia, yang meliputi sebuah katalog yang
dicetak dalam 17 bahasa, untuk 28 negara, dan penggunaan warna-warna bendera
Swedia biru dan kuning di logo Ikea. Ini
dikombinasikan dengan penekanan pada kebebasan dan pilihan pelanggan dalam hal
membeli dan mengambil produk rumah, dan harga murah dimaksudkan untuk
menciptakan "penjualan" mentalitas di kalangan pelanggan.
Strategi harga
yang agresif ditambah, dengan katering jajaran produk yang luas untuk setiap
gaya hidup potensial dan tahap kehidupan konsumen, terbaik dapat meringkas
resep perusahaan untuk sukses. Fakta
bahwa Ikea menargetkan semua kelompok umur dan rumah tangga membuat sebuah
proposisi menarik bagi spektrum yang luas dari konsumen domestik, khususnya di
kalangan pasar ritel tertekan, seperti Eropa saat ini.
No comments:
Post a Comment