.post-body{ -webkit-user-select: none; -khtml-user-select: none; -moz-user-select: none; -ms-user-select: none; user-select: none; } pre{ -webkit-user-select: text; -khtml-user-select: text; -moz-user-select: text; -ms-user-select: text; user-select: text; } kbd{ -webkit-user-select: text; -khtml-user-select: text; -moz-user-select: text; -ms-user-select: text; user-select: text; }

Wednesday, November 9, 2016



Manfaat struktur organisasi adalah mempermudah proses pencapaian tujuan dari suatu lembaga, dalam hal ini bank atau perusahaan pada umumnya dan PT. Bank Rakrat Indonesia. Tbk pada khususnya. Dengan adanya struktur organisasi ini dapat diketahui asal kesalahan atau penyimpangan di dalam suatu proses kegiatan.
Selain itu juga dengan adanya struktur organisasi ini dapat memberikan ketegasan dalam hal batas wewenang dan tanggung jawab kepada masing-masing pejabat atau orang yang akan ditugaskan ini maka mereka akan dapat menunaikan tugasnya dengan baik. Sesuai dengan SK No.Kep.SUU/1650/1977 tanggal 19 September 1977 mengenai pokok-pokok organisasi PT. bank Rakyat Indonesia, Tbk maka struktur organisasi PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk saat ini terdiri dari :
1.     Tingkat kepemilikan
Pada tingkatan ini kepemilikan PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk dimiliki oleh pemegang saham (RUPS).
2.     Tingkat Penetapan Arah Strategi dan Kebijakan perusahaan Pada tingkatan ini terdiri dari:
a.        Dewan Komisaris
b.        Direksi
c.        Komite Audit
d.        Dewan Pengawasan Syariah
3.     Tingkat Implementasi Operasi dan Manajemen Pada tingkatan ini terdiri dari:       
a.      Dipimpin oleh Direktur Utama/CEO (Chief Eksekutif Officer)
b.      Audit Intern
c.      Divisi Sekretariat Perusahaan
Dimana CEO membawahi:
1.) COO (Chief Operating Officer) atau Direktur Bisnis Mikro dan Ritel, terdiri dari:
 Divisi Mikro
a.       Desk IVP
b.      Divisi Bisnis Ritel
c.       Divisi Customer Banking
d.      Unit Usaha Syariah
e.       Kanwil
2.) COO atau Direktur Bisnis Menengah, terdiri dari:
a.       Divisi Agribisnis
b.      Divisi Bisnis Umum
c.       Divisi Kredit Program
d.      Kantor Cabang Khusus
e.       Kanwil
3.) COO atau Direktur Pengendalian Kredit, terdiri dari:
a.       Divisi Analisis Resiki Kredit
b.      Divisi Restruk dan Penyelesaian Kredit Bermasalah
c.       Divisi Administrasi Kredit
4.) COO atau Direktur Keuangan Internasional, terdiri dari:
a.  Divide Treasury
b.  Divisi Akuntansi Manajemen dan Keuangan
c. Divisi Administrasi dan Operasional
d. Unit Kerja Luar Negeri
5.    ) COO atau direktur Operasional, terdiri dari:
1.    Divisi Operasional
2.     Divisi Teknologi dan Sistem Informasi
3.    Divisi Manajemen dan Sumber Daya Manusia
4.    Divisi Logistik
5.    Divisi Pendidikan dan Pelatihan
6.    )COO atau Direktur Kepatuhan, terdiri dari:
1.      Divisi Kepatuhan dan Manajemen Resiko
2.      Divisi Renstra
c)   Divisi Hukum
Dan adapun struktur organisasi PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Unit Parung saat ini
terdiri dari:
a.                     Kepala BRI Unit/Pimpinan BRI Unit
Adalah petugas bank yang diberi tanggung jawab dan wewenang untuk memimpin atau mengelola usaha suatu BRI Unit.
b.                     Mantri BRI Unit
Adalah petugas BRI Unit yang diberi tangung jawab dan wewenang dalam melaksanakan tugas-tugas lapangan atau kunjungan untuk kegiatan penjaman, simpanan dan jasa bank lainnya.
3.          Teller BRI Unit
Adalah petugas BRI Unit yang berwenang mengelola kas dan berfungsi sebagai Deskman, sebagai Kasir yang juga mempunyai wewenang fiat bayar.
4.           Deskman/Pembukuan
Adalah petugas BRI Unit yang berwenang melakukan administrasi pembukuan dan berfungsi pula sebagai berikut:
a.                  Petugas yang berwenang melayani transaksi dan aplikasi.
b.                  Petugas yang berwenang melaksanakan posting transaksi atau pembukuan

No comments:

Post a Comment

Artikel Siklus Pendapatan Penjualan dan Penagihan Kas

UNIVERSITAS GUNADARMA DIREKTORAT PROGRAM DIPLOMA TIGA TEKNOLOGI INFORMASI           ARTIKEL Nama                          ...